Jumat, 27 Maret 2015

Kenari Raman Utara


Cara ternak kenari untuk pemula
Kali ini saya akan mencoba posting bagaimana cara ternak kenari dengan simpel buat pemula yang masih bingung.
Ok langsung saja untuk mulai ternak kenari tentu yang harus anda miliki pastinya sepasang kenari siap produksi, kandang penangkaran (disini kita pake kandang gantung saja yang murah) dan sarang (tempat untuk bertelur).
Mula-mula kenari jantan siap ngawin yaitu haruslah berumur minimal 1,5 tahun. Artinya sudah bersuara keras dan mengejar betina jika ditempel. Ini adalah ciri mutlak untuk calon pejantan kenari yang baik.
Indukan betina minimal berusia 9 bulan. dengan ciri kalo di tempel kenari jantan dia akan merendahkan tubuh sembari menggetarkan sayap dan menaikkan ekornya. Ini adalah ciri betina minta kawin.
Tempel kedua sangkar jantan dan betina lalu lihat reaksi keduanya, apabila ciri yang disebut diatas sudah terlihat coba masukkan kenari jantan ke sangkar betina. (dalam sangkar betina sudah dipasang sarang untuk nelor).
Amati perilaku kenarinya. Apabila akur apalagi mau kawin pertanda bagus. Pastikan asupan pakan bergizi tinggi seperti telur puyuh rebus dan sayuran setiap hari dalam masa penjodohan. Ini berguna untuk memancing birahi. Biasanya setelah terlihat kawin, induk akan mulai bertelur +- seminggu kemudian dengan jumlah telur 3-4 butir.
Telur akan menetas 14 hari setelahnya. Ketika menetas jangan sampai kekurangan pakan basah seperti telur dan sayuran
 Anakan kenari akan disuapi induknya sampai bisa makan sendiri sekurangnya dalam waktu 1 bulan. Baru kemudian siap disapih agar induk bisa istirahat dan segera bertelur kembali. anakan kenari biasanya sudah mulai belajar bunyi, amati lah kenari yang mulai bersuara ngeriwik. sudah dipastikan itulah anak kenari jantan
sekian dulu postingnya berhubung sudah capek ngetik. semoga kenari yang sobat ternak bisa menghasilkan anakan yang sehat sehingga bisa menjadi harapan nantinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar