Kamis, 15 Agustus 2013

Burung murah tapi rajin berkicau dan cepat jinak

Ingin memelihara burung yang murah tapi cerewet dan rajin berkicau burung apa ya??
mungkin ada pertanyaan seperti itu bagi penggemar burung baru. kalo menurut saya ya jelas burung jalak kebo atau biasa disebut jalak hitam,jalak penyu.
Saya akan mengulas sedikit tentang burung jalak kebo. 

Seputar burung jalak kebo
Burung jalak kebo mempunyai tubuh yang lurus dengan panjang sekitar 25 cm, memiliki bulu yang berwarna hitam ada putihnya dibagian bawah dan diujung ekor. memiliki kaki yang panjang dan berwarna kuning, parung panjang dan kuning meruncing. jika sudah dewasa akan tumbuh jambul dikepalanya dan warna hitam ditubuhnya semakin legam. gagah banget postur tubuh burung ini. burung jalak kebo mempunyai suara yang keras,ribut banget dan tak mau kalah dengan burung-burung lain.dia bisa menirukan beberapa suara burung lain, maka cukup banyak penggemar burung ini dengan tujuan sebagai burung master ataupun burung ocehan dirumah. jalak kebo juga bisa menirukan suara manusia termasuk burung paling cerdas diantara burung jalak lainnya. dia bisa dilatih dan mengucapkan kata yang mudah seperti cewek,bapak, cingcau seperti itu.
harga burung ini relatif murah dan stabil yaitu sekitar 100 ribu itu udah rajin bunyi atau yang baru tangkapan hutan sekitar 50an ribu. tapi jangan salah, burung jalak  kebo sangat cepat jinak dan mudah beradaptasi. jadi gak perlu nunggu bertahun-tahun untuk mulai bisa mendengarkan ocehannya bagi burung tangkapan hutan.

Cara perawatan burung jalak kebo
Merawat burung ini sangat mudah karena bernafsu makan besar. makanan utamanya adalah buah-buahan seperti pisang,pepaya dll
bisa dilatih makan voer bagi burung baru. extra fooding seperti  jangkrik,belalang juga dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan tubuhnya.
Seekor burung apapun itu yang rajin berkicau kunci utamanya harus sehat, yaitu dari rawatan harian seperti pemberian pola makan yang benar,penjemuran yang cukup, mandi.
untuk burung jalak kebo mandi dilakukan dengan semprot atau mandi keramba bagus, biasa juga mandi sendiri jika dalam wadah air minum itu ada air penuh burung ini pasti segera mandi.
butuh cahaya matahari sekurang kurangnya 2 jam perhari agar tetap dalam kondisi prima.
kandang harian harus sering dibersihkan dari kotoran burung ini agar dia nyaman dan rajin berkicau.
hal-hal diatas seperti pemandian dan  pembersihan kandang sangat mempengaruhi burung dalam proses penjinakkan bagi burung tangkapan hutan. sering-sering dipidah gantangan agar dia mengenal banyak orang dan terbiasa. usahakan taruh ditempat yang ramai lalu lalang orang untuk melatih mentalnya.

Membedakan Jenis kelamin
Burung jalak kebo jantan biasanya memiliki tubuh yang panjang dan lurus, memiliki jambul diatas paruh yang lancip dan warna kepala sangat hitam. sedangkan betina lebih terlihat gemuk dan pendek,warna bulu kusam. susah memang kalo tidak ada pembandingnya. tapi seperti itulah kira-kira perbedaan atara jantan dan betina. burung jalak kebo baik jantan maupun betina tetap rajin berkicau, pokoknya cerewet banget dan perilakunya itu lo yang lucu dia suka jalan jalan dibawah atau loncat kesana kemari sambil ngoceh tiada hentinya.

burung ini memang menyenangkan, harga murah namun rajin berkicau dan suaranya khas banget. jangan ragu lagi untuk miara burung jalak kebo sebagai koleksi dirumah anda

29 komentar:

  1. Mantap gan infonya...
    Kebetulan 4 hari lalu baru dapet hasil jebakan sendiri...hehehe...

    BalasHapus
  2. jd harga jadinya 100 udah pling mahal , siiip ok" thank infonya mas bro, jgn lupa berkunjung jg ke blog saya di Dewasituz.blogspot.com.

    BalasHapus
  3. suara oke...tapi kotorannya banyak bangeeeeetttt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bner gan, kadang tempat minum juga ada kotorannya

      Hapus
    2. iya tp biar kotorannya banyak tp ga bau, mendinganlah drpd kotoran manusia, sedikit tp baunya wuih wallahualam

      Hapus
  4. untk perawatan jalak kebo, sebulan habis berapa bro???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 10 ribu bro. voer ayam dah oke,lebih bagus lagi gold coin.jgn lupa ksih buah

      Hapus
  5. info jalak suren dong mas brow

    BalasHapus
  6. sekarang brapaan harga jalak kerbo dewasa gan??

    BalasHapus
  7. jalak kebo emg lucu bnget, crewet, n q paling suka krn burung ni pmbersih , rajin mandi, mandi sndiri pula tuh, abis itu sisiran sndiri pake paruhnya...sebelnya ya itu, eek nya banyak bangett untung aja ga sebau ee manusia wkwkwkwk

    BalasHapus
  8. permisi:jalak kerbau ini bisa mnirukan bbrapa patah kata,untuk itu ada yg bilang/mitos: dipotong ujung lidahnya, bahkan ada yg bilang smpe 3 kali dipotong. ada yang bisa memberikan penjelasan kah? atau ad yg pernah melakukannya.terima ksih

    BalasHapus
  9. bos prediksi jantan betinax kok kurang sip yah ada yg lebih akurat ndak????
    salam
    hobianekausaha.blogspot.com

    BalasHapus
  10. sya punya jalak kebo mata kuning, n msih muda, nah jalak kebo mta kuning bsa d latih berbicara ga?

    BalasHapus
  11. Baru punya momongan jalak kebo ni, tp ko ga mau bunyi2????

    BalasHapus
  12. assalamu,alaikum mz bro.. maaf sya mau nanya... kebetulan saya baru beli jalak 2 hari yang lalu, trus saya beliin kandang yang agak luas, tapi kok kenapa ya... burung nya kalau malam tidurnya dibawah... ga mau tidur di kayu tenggeran ya... trus jalak nya ga mau bunyi.... apa karena waktu aku beli , trus aku masukin ke kantong semen , jadinya nburung nya ngambek kali ya mz bro.....???

    BalasHapus
  13. Info'y ♏♏♏ªªªªñÑñŤŤŤªªªªªPPPP(y)..,
    Bwt nambah wawasan,
    Gw baru beli jalak kebo,suara manusia'y kq ngomong babii...
    Hahahahahha

    BalasHapus
  14. alhamdulillah... sekarang burungku bisa berkata.... burungku ada dua, rupa rupa bentuknya, warnanya cuma satu, warnanya coklat tua.... hehehehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang bilang jk jika digandeng dg beo akan merusak beo karena beo cenderung ngoceh bukan ngomong.tp fakta tidak. beo ku tetap ngomong dan jk jadi ketularan bisa ngomong

      Hapus
  15. Kalo jalan di bawah agak pincang,terus kaki nyaa gede sebelah..cacat kah jalak kebo saya??

    BalasHapus
  16. Di psr burung pramuka pasaran jalak kebo 6 smp 70rb n jalak nias 20 rb lbh mhl, minggu2 ini lg bnyk stoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pas banget nih. Rumah ane deket pasar burung pramuka. Nice info, Gan!

      Hapus
  17. baru beli jalak kebo mata putih, seneng banget... klo bunyi keras bener. beli 150k plus kandang gede harian. sehat masih giras

    BalasHapus
  18. daerah batu dimana belinya gan

    BalasHapus