Kamis, 15 Agustus 2013

Merawat Burung Pentet Lolohan

Burung pentet terkenal burung cerdas yang bisa menirukan berbagai jenis burung pengicau lainnya. Burung ini mampu mengingat semua jenis ocehan burung lain yang sudah dia kuasai meski dalam waktu yang sangat lama. Berbeda dengan cucak ijo yang gampang lupa dan kehilangan suara masternya. Burung pentet jika ditrek akan mengeluarkan suara khas dan cukup menyenangkan.

Burung pentet dari bayi mudah dirawat asal anda konsisten, yang terpenting adalah mengetahui bahwa burung pentet termasuk predator dan karnivora sehingga asupan gizi protein harus cukup agar bisa hidup. Baik langsung saja saya akan berbagi cara merawat pentet lolohan

kebanyakan burung rata-rata umur 15 hari dari sejak dia lahir sudah meninggalkan sarang untuk terbang. Dan kapan waktu paling baik untuk mengambilnya? Yaitu sekitar umur 10 sampai 12 hari, burung usia ini sudah besar dan tidak terlalu takut kepada manusia. Burung usia segitu cepet mangap-mangap minta loloh kalau kita dekati. Berbeda kalau anda mengambil burung yang usianya sudah 14 atau 15 hari. Burung akan cenderung sangat takut dan tak mau berhenti kelabakan dan tak jarang burung akan mati karena susah diloloh.

Burung pentet bayi tidak bisa menahan lapar,sehari bisa berkali kali minta loloh.
Pertama loloh burung dengan voer yang sudah hancur diberi sedikit air sehingga mudah dibentuk untuk diberikan ke dalam paruhnya. Beri sampai dia kenyang.dan jangan lupa beri minum .
Beri jangkrik sehari 5 ekor  atau bisa diganti dengan tahu putih karena banyak mengandung protein,tapi dalam sehari harus anda beri jangkrik minimal 2 ekor.atau kalau terlihat kurang sehat beri jangkrik tiap kali loloh.

Dalam waktu seminggu biasanya sudah bisa makan sendiri. Saya selalu menggunakan pelet ikan lele sebagai makanan utama pentet saya. Karena pelet ikan teksturnya keras dan mudah dimakan burung pentet, kalau voer burung biasa biasanya hancur dan burung susah mengambil karena bentuk paruhnya yang bengkok
Burung pentet saya biasanya umur 3 bulan sudah gacor meski belum ganti bulu. Dan saya kagum  burung-burung pentet saya gacor, dan jinak cetekan. Jika kita lambaikan tangan dia akan sahut ngoceh sambil sedikit menari-nari.

Rata-rata burung pentet yang jinak cetekan adalah jantan dan sejak kecil dipisahkan kandangnya dari burung lain. Artinya sejak bayi ditaruh dalam  1 kandang 1 burung.dan burung pentet termasuk burung petarung dia akan mengeluarkan suara khasnya jika bertemu burung pentet lain.

Ketika dewasa kondisi terbaik burung pentet bisa diberi 10-15 ekor jangkrik. Tapi burung-burung pentet saya yang saya beri pelet ikan lele sebagai makanannya Cuma butuh 1-3 ekor sehari. Seminggu tidak diberi jangkrik pun tetap ngoceh tanpa menurunkan stamina dan ocehannya.
Berikut adalah tips memelihara pentet lolohan dari saya. Semoga bermanfaat

3 komentar:

  1. gan...pentet loloan masa bunyinya biasanya -+ beberapa bulan dari lolohan itu.
    terus masa mabung nya di usia berapa ...
    maklum baru awal /,,,,

    BalasHapus
  2. gan.... pentet saya kok setiap habis di loloh pasti tidur..... gimana pendapat agan.... sorry pemula

    BalasHapus