Senin, 17 September 2012

Oscar si buas yang menyenangkan

Memelihara ikan hias dalam aquarium memang menyenangkan dan dapat menghibur pemiliknya. Apalagi kalau yang dipelihara adalah si cerdas oscar. Ikan yang mirip dengan ikan nila ini merupakan famili Cichlidae yang masih kerabat dekat dengan ikan louhan. Ikan oscar memiliki warna bervariasi sperti hitam,kuning,orange dll. Betapa sangat cerdas ikan ini mampu bersahabat dan mengenal baik pemiliknya. Kalau di hampiri ikan ini akan naik ke permukaaan dan mendongakkan kepala sambil berenang ke kanan kiri seolah olah ingin menyapa haloo bos apa kabar??????????
Hmmm gak gitu juga si,sebenernya tu minta makan, hehehe. Ikan oscar  adalah ikan predator yang suka memangsa ikan ikan kecil dan hewan –hewan kecil. Ikan ini jika dilatih bisa meloncat setinggi 15 cm ketika di beri jangkrik di atasnya. Ikan yang berpenampilan garang ini ternyata  setia terhadap pasangannya,dia tidak akan ganti pasangan sebelum ada yang mati. Wah wah sprtinya patut ditiru ni. Meskipun buaas tapi berhati lembut....
Ikan oscar bukan ikan asli indonesia,asalnya dari sungai amazon Amerika. Kalau diperhatikan  ikan oscar lebih buas dibandingkan louhan karena mulutnya lebih lebar. Ikan ini panjangnya bisa mencapai 30 cm mungkin bisa lebih.
Untuk  membedakan antara jantan dan betina memang agak sulit. Tapi bisa diamati dengan teliti, coba beri makan yang banyak agar perutnya buncit dan mendorong kelaminnya keluar. Kalau kelamin menonjol keluar dan arahnya kebelakang  dan ukuran kecil itu jantan. Tapi kalau ukuran lebar dan mengarah kedepan itu betina.
Semaki cerah dan banyak batik ditubuh ikan oscar maka semakin bernilai seni dan elegan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar