Selasa, 18 September 2012

Tips merawat dan memilih ikan louhan yang bagus

Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak digemari  di indonesia karena memiliki corak mandarin dan kadang bisa membentuk suatu tulisan atau angka di sisik tubuhnya, yang demikian itu bisa sangat mahal harganya mencapai puluhan juta.dan yang menjadi ikan ini berbeda yakni jenong dikepalanya. Ikan louhan ada 2 jenis yaitu bonehead dan waterhead. Jenis bonehead atau biasa disebut jenong batu ini lumrahnya tidak bisa jenong, relatih kecil jika ada yang jenong pun wallahualam.tapi meskipun begitu jika rutin diberi serangga atau ikan-ikan kecil yang muat mulutnya jika sudah 25 cm keatas pasti jenongnya bisa naik. Berbeda dengan water head atau sering dikenal jenong air.jika dibelah dibagian jenong ikan ini ada 3 lapisan, yaitu tulang,daging dan yang satu menyerupai jeli. Bagian inilah yang nantinya bisa tumbuh jenong. bagaimana cara membedakan ikan itu jenong air atau jenong batu?  Caranya coba saja pencet2 jenongnya, jika keras itu jenong batu tapi jika kenyal dan lunak itu jenong air. Jenis inilah yang paling banyak digemari karena ukuran jenong yang  besar.  coba perhatikan gambar dibawah ini!!!


gambar yang diatas adalah jenis jenong air dan yang dibawah tentunya jenong batu. jadi sobat bisa nentuin sendiri kira-kira mau memilih jenis mana yang mau dipelihara. Ikan louhan dengan badan kotak sangat banyak dan biasa tetapi ada louhan dengan bentuk tubuh agak membulat seperti cakram dinilai lebih dan banyak yang mencari untuk dipelihara.
. Louhan adalah ikan yang bersahabat dengan manusia,bila dipegang dia tidak akan berlari atau melawan. Untuk memeliharanya pun relatif mudah,cukup dengan standar perawatan saja. Gunakan aquarium yang ckup besar atau 4 kali panjang tubuhnya dengan lebar 2 atau 3 kali tubuhnya, gunakan filter untuk menjaga kebersihan nan mencukupi oksigen bagi si  ikan,pakai baground belakang aquarium agar suasana nampak hidup dan diberi tumbuhan palsu dipasaran, biar lebih menarik diberi lampu. Cukup seperti itu ikan akan senang. Berikan pelet sebagai pakan dan ikan kecil atau serangga untuk memicu jenong di kepalanya.
Banyak orang memberi kerikil di dasar aquarium dengan harapan ikan akan merubah warnanya menjadi kemerahan tapi nyatanya ikan louhan suka bermain, jika diberi kerikil banyak dia  akan stress dan enggan untuk bermain karena takut kerikil tersebut dapat melukai tubuhnya.  Ikan  louhan di pelihara sendiri dalam satu aquarium karena termasuk nakal dan akan membunuh ikan lainnya. Sesekali piculah amarah si louhan dengan memberi cermin didekatnya dan liatlah ekspresi ikan tsb akan menampakkan warna yang sangat cerah dan melawan banyangannya sendiri pada cermin. Memellihara ikan louhan dalam aquarium dapat menghilangkan stress dan bisa menghibur kita, kalau tidak percaya coba saja pelihara dirumah. Kalo pengen yang bagus pastikan beli yang water head. Untuk yang jenis cencu ukuran 14 cm berkisaran 100 sampai 500 ribu per ekor dan jenong uda gede. Tapi kalo yang bone head biasanya murah,namun tak jarang pedagang nakal menjual dengan mahal.

5 komentar:

  1. mas mau tanya.. gimana kalo satu aquarium dikasih 2 louhan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya akan berkelahi dan sirip juga sisiknya rusak.bahkan bisa mati bagi yang kalah

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  2. mas mau tanya?
    agar ikan lohan tidak mudah stres di buat gmna ya?
    karena warnanya berubah-ubah jika lohannya stres mas
    trim's

    BalasHapus
  3. mas kalo ikan lohan saya di campur dngan ikan belida.catfish.oscar...itu berdampak buruk gk mas bls

    BalasHapus